SELAMAT DATANG DI JURAGAGANQQ.NET GAMES KARTU ONLINE TERBESAR DI ASIA

Minggu, 26 November 2017

KPK Periksa Saksi Meringankan untuk Setnov pada Senin Besok

KPK Periksa Saksi Meringankan untuk Setnov pada Senin Besok


Juraganqq- Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memenuhi permintaan tersangka kasus dugaan korupsi proyek e-KTP Setya Novanto. Ketua DPR tersebut diketahui mengajukan beberapa saksi dan ahli yang meringankan.

Menurut juru bicara KPK Febri Diansyah, terdapat sembilan saksi dan lima ahli meringankan yang diajukan oleh tim kuasa hukum Setnov. Dua di antaranya telah menjadi saksi dalam rangkaian penanganan kasus e-KTP.



Unsur saksi tersebut, menurut Febri, seluruhnya adalah politikus Partai Golkar, baik yang menjadi anggota DPR, tenaga ahli Ketua DPR ataupun pengurus partai Golkar. Sedangkan unsur ahli terdiri dari empat ahli pidana dan satu ahli hukum tata negara.

"Besok Senin, diagendakan pemeriksaan terhadap saksi dan ahli meringankan yang diajukan oleh pihak SN (Setya Novanto)," ujar Febri saat dikonfirmasi, Minggu (26/11/2017).
Hal tersebut menurutnya dilakukan sebagai tanda profesionalitas tim penyidik KPK. "Sebagai bentuk profesionalitas penegak hukum, penyidik menghormati hak tersangka dan mematuhi aturan hukum acara yang terdapat di KUHAP," kata Febri.
Meski begitu, Febri juga meyarankan agar pihak Setya Novanto ikut beritikad baik dengan hadir jika dipanggil oleh tim penyidik KPK Diketahui, kedua anak dari Setnov sempat mangkir saat dipanggil oleh penyidik.

"Sebaliknya, kami ingatkan agar pihak SN juga beritikad baik untuk patuh pada hukum acara yang berlaku," terang dia.

Febri menjelaskan, pengajuan saksi dan ahli yang meringankan oleh pihak Setnov didasari oleh Pasal 65 KUHP. Pasal tersebut berbunyi: Tersangka atau terdakwa berhak untuk mengusahakan dan mengajukan saksi atau seseorang yang memiliki keahlian khusus guna memberikan keterangan yang menguntungkan bagi dirinya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peringatkan AS, Kim Jong Un: Tombol Nuklir Selalu Ada di Meja Saya

Peringatkan AS, Kim Jong Un: Tombol Nuklir Selalu Ada di Meja Saya Juraganqq.net - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un kembali menega...